WhatsApp

0813.8119.9072; 0852.1988.3908

House

0

Jangan Buru – Buru Menikah Sebelum Melakukan 11 Persiapan Ini


Mempersiapkan pernikahan memang tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus kamu pikirkan sebelum masuk ke dalam fase ini. Bersama dengan pasanganmu, kalian bisa mencoba untuk membicarakannya bersama. Tapi sebenarnya apa saja sih yang perlu kalian persiapkan sebelum menikah?. Kali ini PrincessWedding4u akan membahas 11 persiapan yang harus dilakukan sebelum masuk ke dalam jenjang pernikahan. Disimak terus ya!

wedding concept

Sumber Foto : https://roowedding.com/

 

  1. Buatlah Konsep Pernikahan, atau Mau Pernikahan Yang Seperti Apa ?

Mau pernikahan yang sederhana atau yang mewah?. Tentu kedua hal itu perlu didiskusikan dengan pasangan. Akan lebih baik jika kalian menentukan konsep atau tema pernikahan terlebih dahulu agar kamu dapat lebih mudah mencari vendor pernikahan yang sesuai dengan budget dan kriteria.

  1. Diskusikan Dengan Pasangan Mengenai Biaya Pernikahan

     

    Sumber foto: https://www.weddingforward.com/wedding-budget/

Jika kamu dan pasanganmu sudah merencanakan untuk masuk ke tahap hubungan yang lebih serius; atau pernikahan, akan lebih baik jika kamu mendiskusikan mengenai biaya pernikahan yang harus dikeluarkan nantinya. Jika kamu tidak ada bayangan apa saja yang dibutuhkan dalam pernikahan, research akan menjadi jawabannya. Kamu dapat bertanya kepada teman, kerabat atau bahkan mencarinya di internet. Kamu dapat membuat budgeting list agar lebih mudah dalam mempersiapkan segalanya.

  1. Pastikan Kalian Sudah Mendapat Restu Dari Kedua Pihak Keluarga

Semua yang kamu rencanakan tidaklah dapat berjalan lancar tanpa adanya restu dari orang tua dan pihak keluarga bukan?. Mintalah pendapat orang tuamu mengenai seseorang yang akan kamu nikahi tersebut. Apakah dia adalah orang yang menurut mereka baik? Karena biasanya perasaan orang tua itu peka menilai orang yang baik untuk kita. Kamu juga dapat mendiskusikan mengenai acara pernikahanmu nanti dengan orang tuamu dan pihak keluarga, sehingga mereka dapat membantumu dalam mempersiapkan segalanya.

  1. Diskusikan Seperti Apa Keuangan Kalian Nanti

Tahukah kamu kalau salah satu masalah utama dalam pernikahan adalah karena uang? Kebanyakan pasangan mengaku bahwa uang sering kali memicu pertengkaran. Mulai dari gaji suami yang dirasa kurang sampai tidak pintarnya istri mengatur pengeluaran membuat pasangan kerap berada dalam masalah. Agar hal serupa tidak terjadi, sebelum menikah sebaiknya kamu dan pasangan membicarakan aturan cash flow yang berlaku nantinya. Misal berapa budget harian untuk biaya operasional. Jika kedua pasangan bekerja, diskusikan siapa yang bertugas membayar apa, sampai dengan besaran tabungan bulanan. Semakin jelas aturan cash flow ini dibicarakan, akan bertambah baik pula untuk pernikahanmu nantinya.

  1. Mau Tinggal Bersama Orang Tua atau Beli Rumah Baru?

     

    new home

    sumber foto : http://blog.rismedia.com/2014/steps-to-flip-a-house/

Hal lainnya yang juga tak boleh dilupakan adalah masalah tempat tinggal. Setelah menikah di mana kamu dan pasangan akan tinggal? Apakah langsung mencari rumah sendiri? Atau untuk sementara waktu tinggal dulu bersama orangtua? Jika pilihannya rumah pribadi, itu artinya kalian harus memikirkan dana untuk membeli atau menyewa tempat tinggal tersebut. Sementara jika bersama orangtua, pastikan keberadaan kalian tidak menjadi beban. Kamu dan pasangan bisa menabung dulu sebelum akhirnya bisa membeli tempat tinggal sendiri.

  1. Diskusikan Mengenai Mempunyai Anak

Berapa orang anak yang kamu impikan ada dalam pernikahanmu? Satu, dua, atau lebih?, Apakah kalian berniat untuk langsung memiliki anak atau menunda terlebih dahulu?. Terlihat sepele namun ini sangatlah penting bagi kalian yang ingin menikah. Janganlah pernah kamu ragu untuk membicarakan hal ini kepada pasanganmu.

  1. Mengisi Rumah

Kalau uangmu sudah cukup membeli rumah, kini saatnya mengisi dengan perabotan. Selain furnitur, perlengkapan yang tak kalah penting adalah barang elektronik rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci dan sebagainya. Usahakan selalu memilih alat elektronik yang harganya terjangkau tapi kualitasnya terjamin, bukan yang mahal dan canggih tapi tidak terlalu berguna untuk sehari-hari. Juga jangan membeli barang yang asal murah, karena kadang bukannya berhemat, kita malah harus merogoh kantong lebih dalam akibat barang sering rusak atau tidak berfungsi dengan baik.

  1. Bicarakan Mengenai Tabungan dan Investasi yang Diinginkan

     

    invest

    sumber foto : https://www.pymnts.com/

Selain tabungan hal lainnya yang juga harus dipersiapkan adalah investasi. Karena kelak di hari tua kamu memerlukan hal ini. Kamu dan pasangan bisa mendiskusikan jenis investasi apa yang diinginkan. Misalnya apakah itu dalam bentuk deposito, logam mulia, atau mungkin bermain di bursa saham. Walaupun terkesan terlalu cepat tapi membicarakan masalah investasi penting untuk masa depan kalian, lho.

  1. Rencanakan Juga Mengenai Biaya Pendidikan Anak

Semakin banyak anak yang ingin kamu miliki, akan bertambah besar pula biaya yang dibutuhkan. Karenanya sebelum menikah bicarakan dulu jumlah anak yang diinginkan agar kamu bisa memperhitungkan biaya yang dibutuhkan. Ingat pula kalau pengeluaran tersebut tidak hanya biaya makan saja tapi juga pendidikan dan kesehatan. Memperhitungkan biaya anak secara baik bisa membantumu agar tidak kesulitan di kemudian hari.

  1. Jangan Ragu untuk Membicarakan Cara Didik Anak

Kamu dan pasangan berasal dari keluarga berbeda pastinya dididik dengan cara berlainan. Mungkin keluargamu dalam mendidik anaknya terhitung lebih santai. Sementara calon pasangan justru sebaliknya, ia berasal dari keluarga yang serba disiplin dan penuh aturan. Nah, perbedaan seperti ini biasanya membuat kalian punya cara mendidik yang berbeda. Kamu nantinya cenderung bisa berkompromi saat anak melakukan kesalahan, sementara pasangan belum tentu. Perbedaan-perbedaan seperti ini harus kamu bicarakan sebelum menikah. Usahakan kalian berdua memiliki pandang yang sama dalam mendidik anak agar ke depannya tidak ada pertengkaran karena masalah ini.

  1. Terakhir, Yakinkan Diri dan Persiapkan Mental untuk Masuk Kedalam Jenjang Pernikahan

     

    mental health

    sumber foto : http://picmoonco.pw/

Pernikahan menjadi sesuatu hal yang sakral bagi agama. Oleh sebab itu, pentingnya untuk meyakinkan diri dan mempersiapkan mental maupun finansial sebelum menuju ke jenjang pernikahan. Seringkali kita menjumpai pasangan yang sering bercerai hanya karena hal yang sepele. Akan lebih baik jika kamu mencoba mempertanyakan kepada diri kamu sendiri. Apakah kamu sudah siap untuk berkeluarga? Apakah kamu sudah betul mengenal sifat pasanganmu? Apakah kamu yakin bahwa kamu ingin menikahinya?. Pertanyaan - pertanyaan seperti inilah yang membantu kita untuk mempersiapkan mental sebelum masuk ke jenjang pernikahan. Karena tidak sedikit pasangan yang kita jumpai kaget karena tidak begitu mengenal sifat asli pasangannya. Dan karena hal inilah memicu adanya pertengkaran yang berujung perceraian. So, pastikan kamu merefleksikan diri sendiri dulu yaa sebelum menikah :) .


Nah, itulah 11 persiapan yang perlu kamu dan pasanganmu lakukan sebelum masuk ke jenjang pernikahan. Semoga artikel ini bermanfaat dan Have a good time! :) .