WhatsApp

0813.8119.9072; 0852.1988.3908

House

0

Pouch Kanvas yang Ramah Lingkungan


Pembaca sekalian, pada artikel kali ini penulis masih akan membahas secara mendalam mengenai salah 1 bahan pembuat pouch kosmetik selain bahan kulit sapi yang penulis jabarkan pada artikel sebelumnya. Bahan yang penulis akan angkat adalah kain kanvas. Jenis kain ini  biasanya terbuat dari bahan  kapas. Meskipun bentuknya yang terkesan kaku namun  kanvas tetap menjadi pilihan yang menarik dalam pembuatan pouch kosmetik. Hal ini disebabkan :

  1.  Kanvas  memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan plastik yang lebih mudah sobek.
  2. Kanvas terbuat dari bahan organik yaitu kapas akan mudah diuraikan oleh alam sehingga lebih ramah lingkungan  dan juga karena lebih awet membuat bahan ini tidak akan cepat berakhir di tempat pembuangan. Sementara karena plastik sulit untuk diuraikan oleh alam sehingga menjadi sampah jangka panjang yang berdampak buruk bagi lingkungan. Selain itu plastik juga hanya bisa sekali pakai dan tidak bisa didaur ulang. Sebagai informasi hingga saat ini terhitung kurang lebih 5 miliar kantong plastik digunakan setiap tahun. Setiap kantong plastik digunakan untuk kira-kira 12 menit, tetapi mereka membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai. Bahkan ketika sudah terurai sekalipun, bahan ini tetap menimbulkan polusi berbahaya, yaitu partikel-partikel kecil yang dapat masuk ke dalam rantai makanan karena tidak sengaja dicerna oleh hewan.
  3. Desain dari tampilan produk dari bahan  kanvas dibuat ssederhana namun tetap memanjakan mata dengan keeleganannya sehingga cocok jika dibawa dalam berbagai kegiatan seperti berbelanja, kuliah, atau sekedar jalan-jalan
  4. Karena dibuat dari bahan kain jadi cara perawatannya pun tidak ribet dalam artian tidak membutuhkan perlakuan khusus, pembaca sekalian cukup membersihkannya dengan mencucinya secara langsung. Cara mencucinya lebih disarankan menggunakan tangan langsung namun memang bila tidak memungkinkan, gunakan sikat yang berbulu halus untuk membersihkan bagian tas yang kotor. Sikat yang dipilih harus halus teksturnya supaya tidak merusak permukaan kain. Selama proses pencucian pastikan produk kanvas tersebut dicuci bersih dan dibilas hingga tidak ada lagi kandungan sabun cuci yang tertinggal. Jika tidak maka akan menimbulkan jamur berupa bercak-bercak putih karena produk kanvas dalam keadaan lembab


Sejauh ini jenis kain kanvas yang paling banyak digunakan untuk membuat tas di antaranya adalah berupa kain blacu, kain terpal yang memiliki ketahanan terhadap suhu yang tinggi, kain marsoto yang cukup tebal dan tidak mudah robek, kain kanvas sueding yang memiliki lapisan sedikit berbulu pada bagian atasnya. Terakhir adalah kain baby kanvas. Kelebihan dari bahan ini adalah memiliki tekstur yang lebih lembut, lebih halus, dan tidak memiliki sifat yang kaku seperti halnya kain kanvas pada umumnya.

pouch kanvas

Pouch Kanvas