WhatsApp

0813.8119.9072; 0852.1988.3908

House

0

Tunangan Dulu atau Langsung Lamaran?. Pentingnya Mengetahui Perbedaan Tunangan dengan Lamaran Sebelum Masuk ke Jenjang Pernikahan


image

image source : http://www.kryzuy.com/

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai perbedaan antara tunangan dengan lamaran?, atau penting / haruskah melakukan prosesi pertunangan sebelum memasuki pernikahan?. Bagi para pasangan yang sudah menjalani hubungan yang serius, mereka biasanya dihadapkan pada suatu tradisi yang dinamakan dengan lamaran atau tunangan. Bagi sebagian masyarakat Indonesia, tunangan sama dengan lamaran, begitu juga sebaliknya. Padahal, kedua hal ini berbeda lho. Walaupun secara bahasa terdengar memiliki arti yang sama, namun memiliki makna yang berbeda.

Tunangan atau bertunangan merupakan prosesi yang dilakukan untuk bersepakat menjadi suami istri, yang biasanya dilakukan di depan banyak orang. Sedangkan lamaran merupakan prosesi meminta atau meminang seseorang untuk menjadi pengantinnya, dan biasanya dilakukan di depan kedua belah pihak keluarga.

images

image source : https://hellogiggles.com/

Baik lamaran maupun tunangan, keduanya sama-sama menyematkan cincin di jari manis wanita, kadang juga bertukar cincin atau menyematkan di kedua jari calon pengantin. Karena persamaan ini, banyak yang mengira bahwa bertunangan dan lamaran merupakan hal yang sama.

Beberapa kalangan menganggap bahwa keduanya berbeda dan perbedaannya pun beragam. Sebagian ada yang mengatakan bahwa ikatan atau janji yang diucapkan pada saat pertunangan tidaklah sekuat dengan ikatan lamaran, sehingga banyak yang menyarankan agar melewati prosesi pertunangan dan langsung melamar. Karena dalam lamaran, ada upacara adat yang harus dituruti serta hantaran penuh makna yang perlu dibawa. Sedangkan tunangan hanya momentum penyematan cincin di jari manis kiri pasangan di hadapan orang tua kedua belah pihak. Pertunangan hanya dianggap sebagai perubahan status dari pacaran menjadi lebih serius. Namun setelah pertunangan ini, masih diperlukan proses lamaran.

Nah, sebagian orang lain justru menganggap sebaliknya. Dalam masa pra-nikah, kedua pasangan terlebih dahulu melakukan prosesi lamaran yang berarti pertemuan kedua belah pihak. Dimana pada momen ini, orang tua laki-laki akan menanyakan kesiapan perempuan dan calon besan serta mengutarakan keinginan keluarga laki-laki untuk meminang anak perempuannya. Setelah melakukan proses lamaran dan mencapai kesepakatan bersama, barulah dilakukan proses pertunangan. Jalan acaranya pun diselimuti tradisi suatu daerah, penyerahan hantaran dan pemasangan cincin.

Jadi menurut kalian, penting nggak sih buat melakukan prosesi pertunangan?. Jawabannya hanya ada di kamu.