WhatsApp

0813.8119.9072; 0852.1988.3908

House

0

Ini Dia Makna Dan Cara Melakukan Sungkeman Saat Pernikahan..


large-pernikahan-adat-jawa-7eeffc69729ac8213bcde5e39e792a3d Ritual sungkeman merupakan ritual yang tidak boleh dilewatkan dalam acara pernikahan adat Jawa. Ritual ini merupakan acara yang sakral dimana¬†mempelai meminta restu kepada orang tua mereka. Ritual sungkeman mempunyai makna yang mendalam yaitu meminta restu, permohonan maaf dan rasa berterima kasih yang mendalam kepada orang tua. Ritual sungkeman ini tidak hanya berlaku pada saat pernikahan saja ya, ritual ini biasa digunakan ketika lebaran, atau dalam kegiatan sehari hari sebagai bentuk hormat dari yang muda kepada yang lebih tua darinya.   Mungkin ada dari kalian yang belum mengetahui, bagaimana sih cara melakukan ritual sungkeman khususnya pada acara pernikahan. Berikut ini tata cara melakukan ritualnya :  
  1. Prosesnya dimulai dari sungkeman kepada orang tua pengantin wanita, lalu kemudian sungkeman kepada orang tua ppengantin pria.
  2. Ketika ingin melakukan sungkeman kedua mempelai pengantin berjongkok dan sujud kedua orang tua mereka
  3. Setelah kedua mempelai jongkok dan menundukkan kepalanya. Kedua orang tua mereka mengulurkan tangan kanannya untuk dijabat dan dicium. Sedangkan tangan kiri orang tua mereka mengelus kepala kedua mempelai.
  4. Ketika kedua mempelai melakukan sungkeman, semua atribut seperti keris dipegang oleh perias namun dikembalikan dan dipakai kembali oleh pengantin setelah acara sungkeman selesai.
  5. Pada saat acara sungkeman kedua orang tua mempelai biasanya mengenakan kain batik yang bermotif truntum. Selain itu mereka juga menggunakan ikat pinggang yang besar yang disebut sindhur.
Mungkin ada yang belum tau mengenai kain batik truntum ini dia contoh gambarnya :
https://www.pinterest.com/

https://www.pinterest.com/

sedangkan ikat pinggang yang disebut sindhur itu seperti kain besar berwarna merah putih yang diikatkan di pinggang kedua orang tua mempelai
https://dunianyamaya.wordpress.com/

https://dunianyamaya.wordpress.com/

  Sebenarnya dengan simbol tersebut kedua orang tua pengantin telah merestui mereka loh. Pasalnya, motif truntum berarti kedua orang tua meridhoi agar kedua pasangan tersebut mempunyai rejeki yang cukup selama hidup. Sedangkan ikat pinggang (sindhur) melambangkan restu orang tua agar kedua anaknya bertindak hati-hati dan hidup secara rukun dan sejahtera.   seperti itulah makna, dan tata cara melakukan ritual sungkeman, bagi kalian yang merasa ini bermanfaat bisa share atau ada sesuatu yang ingin ditambahkan bisa langsung komen di kolom kommentar ya...